Jumat, 24 Agustus 2012

5 Makanan Sehat Yang Bisa Membunuh

Seperti yang dikutip dari Foxnews, Senin (16/01/2012), berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang bisa berbahaya untuk kesehatan anda.

1. Kentang Hijau

Ketika kentang masih berwarna hijau, maka kentang tersebut otomatis menjadi racun. Racun yang terdapat dalam kentang hijau di namakan Solanin dan Chaconine. Kedua racun ini merupakan racn alami glikoalkaloid.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, kandungan racun yang ada dalam kentang tersebut bisa berpotensi memicu gejala keracunan seperti mual, muntah, diare hingga mulut terbakar. Oleh karena itu, hindari mengolah kentang yang masih hijau.

2. Rhubarb

Daun tanaman Rhubarb diketahui memiliki kandungan beracun. Dalam daun tersebut, terkadung asam oksalat yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal serius.

Meski resiko tersebut hanya berlaku untuk mereka yang mengonsumsi secara berlebihan, namun ada baiknya jika anda menghindari konsumsi daun-daunan ini.

3. Biji dan Akar

Amygdalin dikenal sebagai senyawa cyanohenik glykosida. Mengonsumsi zat ini dalam jumlah banyak bisa menyebabkan seseorang keracunan Cyanida.

Yang menarik, zat tersebut banyak terdapat dalam biji, benih dan akar dari beberapa buah dan sayuran yang umum kita konsumsi. Mulai dari Apel, Peach, Apricot, Cherry hingga biji Almond.

Untuk itu, hindari menelan biji-bijian tersebut dalam jumlah banyak karena amygdalin biasanya bereaksi ketika sudah dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Jamur Liar

Banyak orang masih mengalami kesulitan dalam membedakan antara mana jamur yang beracun dengan yang tidak beracun. Apalagi jamur beracun tidak otomatis dapat menjadi aman untuk dikonsumsi hanya dengan cara memasak, atau masukkan ke dalam kaleng.

Namun salah satu jamur yang disebut-sebut yang paling beracun adalah jamur payung bernama 'Death Cap'.

Kandungan zat alpha-amanitin di dalamnya bisa merusak hati dan ginjal hingga menyebabkan kematian. Gejalanya biasanya mulai terlihat 2-3 hari setelah dikonsumsi.

5 Singkong Mentah

Ada 2 tipe singkong yang ada di dunia, yaitu pahit dan manis. Tipe yang pahit diketahui mengandung racun glikosida yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan singkong  yang manis.

Sebatang singkong yang tidak dimasak secara sempurna dapat membuat terbentuknya asam sianida tinggi. Jika sudah begitu, maka bisa menimbulkan gangguan, seperti penyempitan saluran pernafasan, mual, muntah, sakit kepala hingga bisa menimbulkan kematian.

Untuk itu, pastikan singkong yang anda masak memang telah matang benar untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti yang diatas tadi. 


Semoga info diatas bermanfaat dan kita bisa menghindari makanan-makanan yang mungkin bisa merusak kesehatan atau bahkan mengancam nyawa sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar