Jumat, 24 Agustus 2012

Serangga Penyebar Wabah AIDS Versi Baru

Belum lama ini ilmuwan berhasil mengidentifikasi sebuah serangga pemakan darah yang diklaim menyebarkan penyakit AIDS versi baru. Bedanya penyakit yang ditularkan bukan berupa penyakit AIDS dalam arti sebenarnya, melainkan wabah penyakit Chagas.

Serangga tersebut diberinama Triatome. Ia meracuni tubuh manusia yang digigitnya dengan penyaki yang disebut dengan Chagas, yakni sebuah penyakit parasit tropis yang disebabkan oleh protozoa berflagel.

Menurut catatan jurnal PLoS Neglected Tropical Diseases, penyakit Chagas akan mengakibatkan pembengkakak di bagian jantung atau. Jika sudah parah, kedua organ ini bisa pecah dan menyebabkan kematian mendadak.

Yang membuat para ilmuwan khawatir, penyakit Chagas ini sulit untuk dideteksi dan butuh waktu hingga bertahun-tahun hingga akhirnya muncul gejala. Penyebarannya pun sama seperti HIV, dimana infeksi bisa terjadi antara sesama manusia melalui transfusi darah atau ibu yang mengandung anaknya.

Setidaknya ada sekitar 10 jura orang di seluruh dunia sudah terinfeksi penyakit ini, dengan 10 ribu orang diantaranya dikabarkan meninggal pada tahun 2008 silam.

Kini penyakit yang pada awalnya tersebar di Meksiko, Bolivia, Kolombia hingga Amerika Tengah, telah menyebar luas ke wilayah Amerika Serikat (AS).

Dengan alasan itulah kini serangga Triatome dijuluki sebagai 'AIDS baru di benua Amerika'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar