Jumat, 24 Agustus 2012

Kiat-kiat Meningkatkan Kecerdasan Anak

Setiap orangtua tentu saja menginginkan anaknya menjadi seorang yang kreatif dan cerdas. Dibawah ini saya akan menjabarkan beberapa kiat yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ingat "Kecerdasan anak yang sesungguhnya adalah tanggungjawab orangtua, jadi jangan menyalahkan si anak jika nantinya ia memiliki otak yang lemah dalam berfikir ataupun belajar karena kita sebagai orangtuapun juga bersalah, sebab tidak memberikan nutrisi tubuhnya dengan baik dan tidak mengkondisikan lingkungan yang harmonis." Jadi, sebelum terlambat mari kita lakukan beberapa kiat dibawah ini. check it out :)

1. Sediakan sarapan sehat setiap pagi
Dengan sarapan sehat seperti buah, sereal gandum, susu rendah lemak, makanan kaya protein seperti telur dan kacang-kacangan si anak akan memiliki daya ingat yang lebih tajam serta memberikan energi yang dibutuhkan otak.
2. Berikan pertanyaan untuk memancing ide anak
Hal ini akan mendorong anak Anda untuk memikirkan ide-ide baru yang dapat membantu menciptakan hubungan saraf baru di otak
3. Bangun suasana keluarga yang hangat
Hal ini sangat penting untuk perkembangan fungsi kognitif dan keterampilan anak.
4. Memprioritaskan jam tidur anak
Penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang tidak cukup tidur mendominasi anak berprilaku buruk di sekolah dan sulit untuk berkonsentrasi atau memusatkan fikiran.
5. Penuhi asupan asam lemak omega-3 pada anak
Omega-3 bermanfaat untuk mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan perhatian, memori dan aspek kognitif lainnya.
6. Ajak anak berolahraga
Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.
7. Kenalkan permainan edukatif pada anak
Permainan seperti puzzle dan teka-teki melatih kreatifitas dan memori anak.
8. Atur waktu menonton anak
Kebanyakan menonton atau bermain video game dapat menggangu kesehatan anak. Berikan batas waktu maksimal untuk menonton atau bermain video game hanya 2 jam sehari.
9. Sediakan cemilan sehat untuk anak
10. Ajak anak berlatih memainkan alat musik
Peneliti dari perancis menyatakan bahwa melatih anak memainkan musik 6 bulan saja dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak.
11. Berikan asupan vitamin melalui buah dan sayuran
Buah dan sayuran banyak mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dan melindungi perkembangan otak.
12. Bantu anak mengatasi stres
Anak yang merasa stres memiliki hasil ujian yang melibatkan kecepatan memori dan perhatian yang lebih buruk daripada anak-anak yang tidak stres. Jika anak anda cemas tentang suatu hal, ajak anak berkomunikasi dan selesaikan masalah yang dialami anak bersama. Ajak anak melakukan hal-hal yang menyenangkan agar terhindar dari stres.
13. Kurangi kebisingan
Penelitian di Jepang membuktikan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan bising memiliki memori yang lebih lemah daripada yang tinggal di lingkungan tenang. Jika anda tinggal di lingkungan bising bisa mengurangi kebisingan dengan cara memasang jendela double, tirai berat, dan peredam kebisingan.
14. Biarkan anak anda mengakrabkan diri dengan alam
Menghabiskan waktu di luar rumah dapat meningkatkan fungsi otak anak, terutama perhatian, konsentrasi, kontrol impuls dan memori. Biarkan anak anda berada di luar minimal 20 menit dengan cara membaca buku atau bersepeda di taman.
15. Rapikan rumah dan lingkungan di sekitar rumah anda
Rumah yang berantakan cenderung menyebabkan pikiran kacau dan susah fokus. Anak-anak yang berkembang dalam lingkungan yang rapi dan terstruktur memiliki daya pikir yang lebih cemerlang dan fokus.

Itulah beberapa kiat yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat dan anak anda tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas, kreatif dan juga sehat. Amiin :)
Sebagai tambahan, mengkonsumsi ikan untuk para ibu yang sedang hamil ataupun menyusui baik untuk perkembangan otak anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar